Cara Praktis Memperbaiki Genset yang Rusak dengan Cepat


genset cummins

genset cumminsGenset adalah alat yang didesain khusus untuk menyuplai energi listrik saat listrik sedang padam.  Alat ini merupakan kombinasi dari elemen-elemen penting yang ada di dalamnya yang beroperasi dengan baik dengan memanfaatkan induksi elektromagnetik yang ada di dalamnya. Berdasarkan bahan bakar yang digunakan, diciptakanlah beragam genset, mulai dari  yang dibuat dengan bahan bakar gas, solar, bensin, dan bahkan urine sekalipun. Masing-masing jenis genset tersebut dirancang sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Seringkali, karena minimnya pengetahuan mengenai cara penggunaan genset, genset yang baru saja dibeli mendadak rusak hanya dalam hitungan hari saja. Maka untuk menghindari kerusakan-kerusakan tersebut, Anda harus bisa mengenali genset sesuai dengan kebutuhan listrik harian Anda, sesuaikan dengan daya hantar yang anda butuhkan seperti genset 100 kVa, genset 250 kVa 6LTAA89G2 dan genset 250 NT855GA. Selain itu, kerusakan genset bisa terjadi karena tidak adanya perawatan yang dilakukan sama sekali. Jika genset Anda rusak, lakukan perawatan praktis berikut ini:

Genset Mendadak Mati

Jika genset yang Anda miliki mendadak mati saat dioperasikan, ini berarti indikasi adanya ketidakberesan pada satu set genset ini. Langkah perbaikan yang harus Anda lakukan adalah dengan membuang seluruh air yang ada di dalam tangki bahan bakar sekaligus yang berada di saluran bahan bakar yang terkoneksi langsung dengan bagian dari mesin genset. Pastikan air terbuang seluruhnya. Setelah  air terbuang, Anda bisa mengecek pada bagian lubang ventilasi mesin tersebut. Jika terjadi penyumbatan maka segera bersihkan agar mesin bisa segera menyala. Selain penyumbatan, alasan lain kenapa genset mendadak mati adalah karena adanya masalah pada saringan bahan bakar genset. Pastikan apakah saringan sedang dalam keadaan baik atau tidak. Jika terjadi penyumbatan maka segera bersihkan genset tersebut agar bisa kembali beroperasi. Hal lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan memeriksa sirkulasi udara di manan genset tersebut diletakkan. Pastikan ruangan genset memiliki cukup ventilasi agar gas buang tidak meracuni Anda dan mesin genset tidak mudah panas. Tempatkan genset pada ruangan dengan supply udara yang cukup.

Genset Tidak Bisa di Starter

Saat genset tidak bisa di starter, langkah  perbaikan yang bisa Anda tempuh adalah dengan mengecek kondisi aki saat itu juga. Apakah aki sedang dalam keadaan lemah ataukah tidak. Jika kondisi aki buruk, Anda bisa segera menggantinya agar tidak membahayakan kondisi mesin. Namun jika kondisi aki belum begitu buruk, Anda bisa melakukan pengisian ulang aki. Selain karena aki yang bermasalah, genset yang tidak bisa di starter juga diakibatkan karena terdapat beberapa kabel yang terputus di dalamnya. Untuk itu, lakukan pengecekan berkala untuk memastikan apakah kabel sedang dalam keadaan tersambung semua ataukah tidak. Jika ada bagian yang belum tersambung, Anda bisa menyambungnya terlebih dahulu agar genset bisa kembali beroperasi dengan baik. Dua cara diatas efektif dalam memperbaiki dua jenis gangguan yang dialami oleh genset yang Anda miliki.

Previous Cetak Box Souvenir: Pertimbangkan Gagasan Desain Packaging Souvenir
Next Jasa Toko Online yang Ngehits di Indonesia

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *