Panel surya: struktur dan cara kerja


panel surya

Panel surya merupakan sebuah alat yang dapat mengonversi energi dari sinar matahari menjadi energi listrik. Seiring berjalannya waktu penggunaan panel surya ini semakin popular di kalangan masyarakat. Selain itu. Ditambah dengan meningkatnya pembayaran tarif listrik yang semakin mahal, sehingga membuat kebanyakan masyarakat lebih memilih menggunakan panel bertenaga surya ini. Penggunaan panel surya sudah sering kita jumpai pada atap rumah ataupun bangunan yang digunakan sebagai lampu untuk penerang jalanan dan juga sebagai pemanas air.

Pada umumnya cara kerja panel surya ini dipengaruhi oleh intensitas sinar matahari. Apabila sinar matahari tidak ada maka panel surya tidak akan berfungsi. Matahari merupakan salah satu sumber cahaya paling kuat yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhahn. Panel tenaga surya ini sering kali disebut dengan sel photovoltaic yang berguna sebagai alat untuk mengubah energi matahari menjadi energi listrik. Biasanya photoboltaic ini memiliki bentuk seperti modul yang terdiri dari sel surya. Biasanya modul sel surya ini tersusun secara pararel.

Energi yang bersumber dari matahari ini merupakan energi yang sangat ramah dengan lingkungan ditambah lagi anda tidak membutuhkan biaya yang besar setiap bulannya untuk memproduksi energi dari matahari ini. Jika berbicara mengenai masalah lingkungan serta global warning maka energi matahari ini sering sekali dijadikan sebagai topic utamanya. Untuk lebih jelas lagi, bagi anda yang ingin mengetahui cara kerja dari panel tenaga surya ini. Maka berikut ini akan dibahas secara singkat mengenai cara kerja panel surya.

Cara Kerja Panel Surya

Cara kerja panel tenaga surya ini sangatlah sederhana karena hanya membutuhkan sinar matahari. Pada saat matahari tidak muncul atau terjadinya hujan maka panel tenaga surya ini tidak dapat bekerja sebagaimana mestinya. Panel surya ini memiliki beberapa bagian yang sangat penting seperti baterai dan regulatornya. Karena baterai yang terdapat pada panel surya ini berfungsi sebagai penyimpan energi listrik sehingga jika matahari tidak ada maka listrik tidak akan mati.  Proses kerja panel tenaga surya ini ialah dengan mengubah sinar matahari menjadi energi listrik. Tugas dari panel surya ialah untuk menangkap sinar matahari lalu mengubahnya menjadi energi listrik di dalam baterai. Cahaya matahari tersebut memiliki kandungan foton, yang mana kandungan tersebut dapat mengubah menjadi elektron pada saat matahari melakukan kontak dengan panel tenaga surya. Dengan terbentunya sel elektron ini maka aliran energi listrik didalami panel surya pun dapat terbentuk dengan baik.

Itulah beberapa informasi mengenai cara kerja panel tenaga surya. Semoga apa yang telah dibahas di atas dapat menambah wawasan dan bermanfaat bagi anda semua yang sedang mencari tahu cara kerja panel surya.

Previous Lampu Taman Tenaga Surya: Langkah Kecil Mengatasi Pemanasan Global
This is the most recent story.

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *